Thursday 14 June 2018

Cara Membuat Game Berhitung Menggunakan Flash

Bermain game merupakan kebiasaan/hobi seseorang dalam mengisi waktu luangnya untuk menghibur diri. Namun tidak semua orang menyukai game, ada pula beberapa orang berpendapat kalau game itu hanya membuang-buang waktu dan tidak bermanfaat. Hal ini didasari karena kebanyakan orang terutama pelajar meninggalkan sekolahnya (bolos) hanya untuk menghabiskan waktunya di sebuah game dan adapula orang yang menghabiskan banyak uangnya hanya karena game. Sebenarnya tidak semua yang ada pada game itu bersifat tidak bermanfaat, adapula beberapa orang yang dapat memanfaatkan game dengan baik. Salah satunya mereka dapat menghasilkan uang dari sebuah game, membantu meningkatkan kemampuan belajar dengan hal baru, dan masih banyak lagi.
Sebagian besar orang yang bermain game saat ini merupakan kaum pelajar. Dengan ide cemerlang yang dapat kita manfaatkan dalam situasi tersebut, kita dapat menciptakan sebuah game yang dapat membantu anak-anak dalam memahami materi pembelajaran disekolah. Seperti yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini, disini logamatika akan memberikan tutorial cara membuat game edukasi bertemakan matematika menggunakan flash. Tujuan dibuatnya game ini agar dapat membantu anak dalam mengasah kemampuan berhitungnya.
Untuk membuat game berhitung menggunakan flash adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan sebagai berikut

1. MEMILIKI SOFTWARE FLASH

Hal pertama yang harus dipersiapkan dalam membuat game ini yaitu sebuah software flash, disini logamatika menggunakan software Adobe Flash CS3. Semuanya pasti bingung kenapa logamatika menggunakan software Adobe Flash CS3 ketimbang versi keatasnya ataupun software flash lainnya?
Sebenarnya tidak ada alasan yang bagus mengenai hal tersebut. Disini logamatika menggunakan software Adobe Flash CS3 karena menurut logamatika ini sudah cukup baik dari segi tampilannya yang sederhana dan ringan. Selain alasan tersebut, logamatika juga tidak menggunakan software lainnya dikarenakan aplikasi macromedia flash 8 yang logamatika miliki sedang ada kendala sehingga beralih ke software Adobe Flash CS3. 

2. MEMULAI PROSES PEMBUATAN GAME

Jika sudah memiliki software tersebut dan menginstallnya, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu buka software Adobe Flash CS3, setelah itu buatlah sebuah lembar kerja baru dengan cara klik menu File > New > Lalu pilih Flash File (ActionScript 2.0).

3. MENYIAPKAN TOOL YANG DIPERLUKAN DALAM GAME

Pada game berhitung ini, kita membutuhkan 4 buah text tool, dan 2 buah rectangle tool. Sebelum ketahap menyiapkan tool tersebut, logamatika akan menjelaskan terlebih dahulu fungsi dari masing-masing tool yang akan kita gunakan.
  • 2 Buah Text Tool akan kita gunakan untuk memunculkan angka secara acak.
  • 1 Buah Text Tool digunakan untuk menuliskan hasil dari penjumlahan angka yang muncul secara acak diatas.
  • 1 Buah Text Tool yang digunakan untuk memunculkan text benar atau salah dari hasil penjumlahan yang telah kita input diatas.
  • 2 Buah Rectangle Tool yang akan digunakan sebagai tombol untuk mengoreksi hasil dari penjumlahan tersebut, dan tombol mereset angka yang muncul secara acak.
Jika  sudah mengerti kegunaan masing-masing dari tool tersebut, maka kita langsung saja masuk ke tahap pembuatan tool yang diperlukan dalam game.

Tutorial cara membuat game berhitung menggunakan flash dengan mudah

  • Buatlah 3 buah Text Tool dengan tipe text Dynamic Text, berilah nama variabel pada masing-masing text tool dengan nama variabel angka1, angka2, dan keterangan dan berilah garis tepi pada text tool tersebut
  • Buatlah 1 buah Text Tool dengan tipe text Input Text, berilah nama variabel pada masing-masing text tool dengan nama variabel jawaban dan berilah pula garis tepi pada text tool tersebut 
  • Buatlah 2 buah Rectangle Tool, selanjutnya kita ubah 2 rectangle tool tersebut menjadi sebuah tombol dengan cara  menekan tombol F8 pada rectangle tool tersebut dan pilih type simbol button dengan nama Koreksi dan Reset.


4. MENYISIPKAN CODING DALAM GAME

Langkah terakhir yang perlu kita lakukan yaitu menyisipkan coding. Coding sangat berguna pada proses pembuatan game ini. Tanpa coding kita tidak dapat menjalankan game tersebut. Pada game ini tidak terlalu banyak coding yang akan digunakan, disini kita hanya perlu menyisipkan coding pada Tombol Koreksi, Reset, dan Frame dengan cara klik kanan pada salah satu tool yang akan kita sisipkan coding. Misalnya tombol koreksi, klik kanan pada tombol koreksi lalu pilih Actions, atau bisa juga menggunakan hotkey F9. Setelah masuk ke menu Actions taruh coding dibawah ini tepat dimasing-masing tool Koreksi, Reset, dan Frame.

Actions Script pada tombol koreksi
on (release) {
        if (jawaban == angka1+angka2) {
               respon = "Benar";
        } else {
               respon = "Salah";
        }
}

Action Script pada tombol reset
on (release) {
        angka1 = random(10);
angka2 = random(10);
        jawaban = "";
        respon = "";
}

Action Sctip pada Frame
angka1 = random(10);
angka2 = random(10);


Cukup mudah bukan untuk membuat game menggunakan software flash?
Sebenarnya untuk membuat sebuah karya menggunakan flash hanya diperlukan sebuah ide yang kreatif untuk membuat sebuah karya yang baik dan ketekunan untuk mencobanya terus menerus. Selain itu dibutuhkan ketelitian dalam merancangnya. Sekian tutorial yang dapat diberikan pada kesempatan kali ini, semoga sukses ^_^. 

1 comment:

  1. Terima kasih untuk tutorialnya.
    Mudah dipahami untuk pemula seperti saya dengan tutorial step by stepnya

    ReplyDelete