Friday 6 July 2018

Cara Membuat Quis Matematika Menggunakan Flash



Quis merupakan salah satu alternatif latihan soal yang cukup baik untuk membantu seseorang dalam memahami materi. Quis biasanya memiliki fitur yang unik yaitu memunculkan skor yang dimana hasil dari penyelesaian quis tersebut. Selain itu, quis juga bisa berupa soal pilihan ganda, soal uraian, serta soal pencocokan gambar. Pada kesempatan kali ini, logamatika akan memberikan tutorial cara membuat quis matematika menggunakan flash.




Hal-hal Yang Diperlukan Dalam Membuat Quis Matematika Menggunakan Flash:

  1.  Aplikasi Flash yang telah terinstall (Adobe Flash/Macromedia Flash)
  2. Soal-soal beserta jawaban
  3. Semangat
  4. Makanan dan minuman

Langkah-langkah Dalam Membuat Quis Matematika Menggunakan Flash:

1) Membuat Layer




Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat 5 buah layer dengan nama background, judul, tombol, soal, dan skor. Layer disini digunakan sebagai wadah masing-masing tools agar dalam pengerjaan pembuatan aplikasi lebih rapi tata letaknya.


2) Desain Bagian Awal Quis Matematika


Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mendesain bagian awal pada aplikasi yang mau kita buat. Berikut tools yang logamatika gunakan untuk membuat quis matematika.
  • 1 buah rectangle tools dan text tool dengan type text static text pada frame 1 kemudian dijadikan sebuah button dengan instance name Mulai. Button ini berfungsi untuk memulai quis tersebut. Letakkan tools tersebut pada layer tombol.
  • Text tool dengan type text static text yang digunakan sebagai judul pada aplikasi tersebut dan letakkan text tool tersebut pada layer judul.
  • Gambar yang digunakan sebagai background quis matematika dan letakkan gambar tersebut pada layre background.


3) Menambahkan Frame

Jika sudah selesai mendesain bagian awal pada quis matematika, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menambahkan frame pada kelima layer tersebut.

  • Pada layer background lakukan penambahan frame dengan cara klik kanan frame 2, lalu pilih insert frame.
  • Pada layer judul, tombol, soal, dan skor lakukan penambahan frame dengan cara klik kanan pada frame 2, lalu pilih insert Blank KeyFrame.

4) Memasukkan Soal Quis Matematika


Cara Membuat Quis Matematika Menggunakan Flash


Gunakan layer soal untuk penempatan soal quis yang telah disiapkan. Seperti yang terlihat pada gambar, tool yang digunakan untuk membuat soal-soal pada quis matematika ini adalah.
  • 1 Buah text tools : soal quis matematika. Letakkan text tools tersebut pada layer soal.
  • 1 Buah rectangle tools : background dari soal. Letakkan text tools tersebut pada layer soal
  • 4 Buah rectangle tools dan 4 buat text tools dengan type text static text yang telah dijadikan button dengan instance name A, B, C, dan D : tombol dari pilihan jawaban A, B, C, dan D. Letakkan text tools tersebut pada layer tombol.
  • 1 Buah text tools : judul soal pilihan ganda. Letakkan text tools tersebut pada layer judul. 
Ulangi langkah ke 3-4 sampai dengan jumla soal yang diinginkan.



5) Menambahkan Frame

Menambahkan frame pada langkah 5 ini berguna untuk meletakkan skor yang diperoleh setelah menyelesaikan quis tersebut. Untuk cara pengerjaannya sama dengan menambahkan frame pada langkah ke2, yaitu.


  • Pada layer background lakukan penambahan frame dengan cara klik kanan frame 2, lalu pilih insert frame.
  • Pada layer judul, tombol, soal, dan skor lakukan penambahan frame dengan cara klik kanan pada frame 2, lalu pilih insert Blank KeyFrame.

6) Mendesain Frame Skor Quis Matematika


Cara Membuat Quis Matematika Menggunakan Flash

Pada langkah ini, tools yang diperlukan dalam mendesain frame skor quis matematika yaitu.
  • 1 Buah text tools dengan type text dynamic text dan variabel name Nilai : tempat skor yang diperoleh setelah menyelesaikan soal. Letakkan text tools tersebut pada layer skor.
  • 1 Buah text tools dengan type text static text : judul skor. Letakkan text tools tersebut pada layer judul.

7) Memasukkan Action Script

Memasukkan action script ini meerupakan tahap terakhir pada pembuatan aplikasi quis matematika. Pada tahap ini diperlukan ketelitian yang lebih, dikarenakan jika kita salah sedikit dalam memasukkan action script, maka aplikasi yang kita buat akan terjadi error/tidak bisa digunakan.

Berikut ini action script yang digunakan dalam pembuatan aplikasi quis matematika.

Action script pada layre background Frame 1 (Mulai Quis):
stop();
benar = 0;
Mulai.onPress = function(){
     nextFrame();

};


Action script pada layer background Frame 2 (Soal Quis Matematika):


stop();
onEnterFrame = function(){
      Skor = +benar;
}
A.onPress = function (){
      nextFrame();
}
B.onPress = function(){
      nextFrame();
}
C.onPress = function(){
      nextFrame();
}
D.onPress = function(){
      benar += 20;
      nextFrame();

}



Action script pada layer background Frame 3 (Skor):


Nilai = benar;


Keterangan Action Script :

  • benar += 20; artinya jawaban yang benar dan akan mendapatkan nilai +20 poin

No comments:

Post a Comment