Sunday 30 December 2018

Buku Gratis Matematika Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku adalah kumpulan kertas yang berisikan tulisan dan gambaran yang tercetak dan terjilid yang dimana didalamnya berisikan informasi tertentu. Ada banyak jenis buku yang dapat ditemui saat ini, salah satunya yaitu buku teks.

Buku teks yang biasa disebut buku pelajaran adalah buku yang berisikan pengetahuan yang dituliskan oleh pakar atau seseorang yang memiliki gelar di dalam bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu yang diperuntukkan bagi siswa pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagai buku pelengkap. 

Buku pelajaran disusun berdasarkan Kompetensi Inti (KD) dan Kompetensi Dasar (KD) pada setiap jenjang sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata pelajaran. Buku pelajaran yang terdiri dari buku siswa, dan buku guru digunakan dalam pembelajaran. Seperti yang akan dibahas  pada artikel kali ini mengenai buku matematika kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017. Selain itu ebook mtk juga akan menyertakan link download untuk mempermudah bapak dan ibu guru serta pengunjung dalam pencarian materi.Sebelum menuju link download adakah baiknya sobat ebook mtk membaca cerita singkat mengenai buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang akan diceritakan sebagai berikut.


Buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 merupakan petunjuk kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku siswa pada jenjang SMP/MTs berdasarkan kurikulum 2013 dengan tujuan untuk membantu guru dalam proses belajar mengajar dikelas.
Buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 ini merupakan buku revisi ketiga, yang dimana buku ini telah direvisi sebanyak 3 kali. Revisi pertama pada tahun 2014, revisi kedua pada tahun 2016 dan revisi yang ketiga pada tahun 2017.
Untuk menyiapkan sebuah buku yang digunakan dalam proses pembelajaran, maka buah pikiran pengarang harus diturunkan dari kompetensi yang tertuang dalam kurikulum sehingga buku tersebut akan memberikan makna kepada siswa yang mempelajarinya. Buku siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 tidak hanya memuat definisi, rumus, atau soal saja, tetapi juga berisikan aktivitas yang memandu siswa untuk membangun pengetahuannya. Pada buku siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disajikan masalah-masalah yang membutuhkan pemikiran tingkat tinggi. Beberapa dari masalah tersebut sudah diberikan arahan beserta prosedur penyelesaiannya, beberapa disajikan petunjuk untuk memecahkannya saja yang diharapkan akan dipecahkan oleh siswa. Pada setiap bab disajikan minimal satu tugas projek yang menuntut siswa bekerja dalam kelompok dalam waktu yang relatif tidak sebentar untuk menyelesaikannya. 

Buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 ini ditulis dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang sesuai dengan standar internasional tersebut. Terkait materi tambahan sejak kelas VII yang telah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri, dan penyajian data. 

Setiap awal bab pada buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017  disajikan  dengan cover bab, dimana pada bagian cover bab tersebut berisikan ilustrasi dan deskripsi singkat yang berkaitan dengan materi bab yang bersangkutan. Selain itu diawal bab juga disajikan dengan kata kunci, kompetensi dasar, pengalaman belajar serta peta konsep. Sebelum mempelajari materi pelajaran bacalah terlebih dahulu kata-kata kuncinya, yang dimana kata kunci merupakan inti dari materi pelajaran pada bab tersebut.
Pada buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 ini terdapat dua macam petunjuk membelajarkannya, yaitu petunjuk umum dan petunjuk khusus. Pada petunjuk umum disajikan tentang konsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI dan KD,  karakteristik pembelarajan, petunjuk membelajarkan kegaitan saintifik, dan pedoman penilaian. Sedangkan pada petunjuk khusus disajikan petunjuk kegiatan membelajarkan dalam pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengkomunikasikan yang disajikan dengan ikon dan kata-kata yang dapt menarik perhatian yaitu ayo kita mengamati, ayo kita menanya, ayo kita menggali informasi/sedikit informasi/ayo kita mencoba, dan ayo kita berbagi. Buku guru pada petunjuk umum ini disertakan dengan kunci jawaban pada setiap kegiatannya.

Buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013, guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia. Peran guru sangatlah penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegaitan pada buku matematika ini. Guru dapat memperkayanya dengan mengkreasikan dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Setelah mempelajari materi pada buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 ini, siswa diharapkan dapat memahami materi yang disajikan. Oleh karena itu, konsep yang disajikan pada buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 ini disampaikan secara logis, sistematis, dan menggunakan bahasa yang sederhana. Selain itu, buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 memiliki tampilan yang menarik sehingga siswa tidak akan merasa bosan saat menggunakannya.

Pada buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017 pengelompokan materi matematika terdiri atas empat (4) kompetensi Inti (KI) yang kemudian dijabarkan menjadi 22 Kompetensi Dasar (KD) yang merupakan bahan kajian yang akan ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran selama satu tahun dalam dua semester yang terurai dalam 32 minggu. Sesuai dengan sistem semester, maka 32 minggu dibagi menjadi dua semeter. Setiap semester terbagi menjadi 16 minggu. Sehingga alokasi waktu yang tersedia adalah 5 x 40 menit x 32 minggu/tahun atau 5x 40 menit x 16 minggu/semester.

Berikut ini adalah daftar isi buku guru dan siswa matematika kelas VIII SMP/MTs kurikulum 2013 Revisi 2017.
Bab I : Pola Bilangan
1.1   Menentukan Persamaan dari Suatu Barisan Bilangan
1.2   Menentukan Persamaan dari Suatu Konfigurasi Objek

Bab II : Koordinat Kartesius
2.1 Posisi Titik Terhadap Sumbu-X dan Sumbu-Y
2.2 Posisi Titik Terhadap Titik Asal (0,0) dan Terhadap Titik Tertentu (a,b)
2.3 Posisi Garis Terhadap Sumbu-X dan Sumbu-Y

Bab III : Relasi dan Fungsi
3.1 Memahami Bentuk Penyajian Relasi
3.2 Memahami Ciri-ciri Fungsi
3.3 Memahami Bentuk Penyajian Fungsi
3.4 Memahami Korespondensi Satu-satu


Bab IV : Persamaan Garis Lurus
4.1 Grafik Persamaan Garis Lurus
4.2 Menentukan Kemiringan Persamaan Garis Lurus
4.3 Bentuk Persamaan Garis Lurus dengan Kemiringan m dan Melalui Titik (X1, Y1)
4.4 Sifat-Sifat Persamaan Garis Lurus

Bab V : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
5.1 Memahami Konsep Perasmaan Linear Dua Variabel
5.2 Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Menggambar Grafik
5.3 Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Substitusi
5.4 Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Eliminasi
5.5 Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Khusus

Bab VI : Teorema Pythagoras
6.1 Memeriksa Kebenaran Teorema Pythagoras
6.2 Menerapkan Teorema Pythagoras untuk Menyelesaikan Masalah
6.3 Menentukan Jenis Segitiga
6.4 Menemukan dan Memeriksa Tripel Pythagoras
6.5 Menentukan Perbandingan Sisi-sisi pada Segitiga Siku-siku Sama Kaki
6.6 Menentukan Perbandingan Sisi-sisi pada Segitiga yang Bersudut 30, 60, dan 90

Bab VII : Lingkaran
7.1 Mengenal Lingkaran
7.2 Menentukan Hubungan Antara Sudut Pusat dan Sudut Keliling
7.3 Menentukan Panjang Busur dan Luas Juring
7.4a Mengenal Garis Singgung Lingkaran
7.4b Menentukan Garis Singgung Persekutuan Luar Dua Lingkaran
7.5 Menentukan Garis Singgung Persekutuan Dalam Dua Lingkaran

Bab VIII : Bangung Ruang Sisi Datar
8.1 Menentukan Luas Permukaan Kubus dan Balok
8.2 Menentukan Luas Permukaan Prisma
8.3 Menentukan Luas Permukaan Limas
8.4 Menentukan Volume Kubus dan Balok
8.5 Menentukan Volume Prisma
8.6 Menentukan Volume Limas
8.7 Menentukan Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Gabungan
8.8 Hubungan Antara Diagonal Ruang, Diagonal Bidang, dan Bidang Diagonal

Bab IX : Statistika
9.1 Menganalisis Data dari Distribusi Data yang Diketahui
9.2 Menentukan Nilai Rata-rata (Mean) dari Suatu Data
9.3 Menentukan Nilai tengah (Median) dan Modus Suatu Data
9.4 Menentukan Ukuran Penyebaran Data

Bab X : Peluang
10.1 Peluang Empirik
10.2 Peluang Teoretik
10.3 Hubungan Peluang Empirik dan Peluang Teoretik

Selain itu, hal yang membuat buku Matematika Kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 menarik yaitu ada biografi mengenai tokoh-tokoh matematikawan di awal bab nya, salah satunya pythagoras pada bab 6 materi teorema pythagoras, disana menceritakan pythagoras yang lahir di pulau samos, daerah lonia, yunani selatan. Pythagoras adalah orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Salah satu peninggalan pythagoras yang paling terkenal hingga saat ini adalah teorema pythagoras. Teorema pythagoras menyatakan bahwa kuadrat sisi miring suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat dari sisi-sisi yang lain. Yang unik, ternyata rumus ini 1000 tahun sebelum masa phytagoras. 

Bagi yang membutuhkannya anda dapat mendownloadnya di bawah ini.

Demikian yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan tersedianya link download buku siswa dan guru matematika kelas VIII kurikulum 2013 revisi 2017 ini dapat mempermudah bapak/ibu guru serta pengunjung dalam melaksanakan pembelajaran K13 dengan baik.

No comments:

Post a Comment