Tuesday 12 June 2018

Cara Membuat Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash

Memahami materi matematika tidaklah semudah yang diperkira, apalagi orang menganggap matematika adalah pelajaran yang menakutkan, ditambah dengan banyak rumus-rumus yang harus dihapal yang membuat siswa menjadi kurang tertarik dalam memahami materi matematika. Disini peran gurulah yang menjadi salah satu indikator yang paling penting dalam membantu siswa untuk meningkatkan daya tariknya dalam memahami materi matematika dan membuang jauh-jauh pikiran buruk mengenai matematika yang dianggap mata pelajaran yang menakutkan. Dalam hal tersebut, guru harus memikirkan rencana dan mengeluarkan kekreatifitasnya untuk membuat suasana proses pembelajaran itu menjadi lebih menyenangkan.
Media pembelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran karena media pembelajaran mampu membuat siswa antusias dan memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan penyampaian materi menggunakan bahasa verbal.
Saat ini media pembelajaran memiliki banyak jenis dan macamnya, dari yang sederhana dan murah hingga yang canggih. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan saat ini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi adalah media pembelajaran berbasis flash. Dengan media pembelajaran berbasis flash ini kita bisa mendesain proses penyampaian materi seperti apa yang kita inginkan. Sebelumnya kita harus memiliki ide seperti apa media pembelajaran yang akan kita buat nantinya. Salah satu contohnya ialah membuat penyelesaian soal berbentuk game, penyampaian materi yang ditambahkan humor. Dengan membuat inovasi yang menarik dalam penyampaian materi, dapat menimbulkan rasa ingin tahu siswa dan memiliki semangat belajar yang tinggi sehingga dapat menghilangkan pikiran buruk siswa yang selama ini menganggap matematika adalah pelajaran yang menakutkan.


Materi Transformasi Geometri


Untuk membuat media pembelajaran berbasis flash adapun beberapa langkah yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yang akan kita bahas sebagai berikut.

1. MEMILIKI IDE YANG MENARIK

Ide merupakan langkah awal yang harus dipersiapkan karena ide adalah asal mula media pembelajaran berbasis flash akan dibentuk. Selin itu dibutuhkan ide yang menarik untuk membuat media tersebut. Semakin menariknya media pembelajaran tersebut, semakin tinggi pula antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas.

2. APLIKASI PERANGCANG MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH

Untuk membuat media pembelajaran berbasis flash kita harus menyiapkan aplikasinya terlebih dahulu. Disini kita dapat menggunakan aplikasi Macromedia Flash ataupun Adobe Flash. Selain dapat membuat medai pembelajaran, aplikasi ini berguna pula untuk membuat animasi flash sederhana, game, dan masih banyak lagi.
Mengenai aplikasinya kita dapat mengunduhnya di mesin pencarian google yang telah banyak bertebaran linknya.

3. MEMAHAMI CARA KERJA APLIKASI FLASH

Banyak sekali pilihan menu yang tampil di halaman awal flash, pastinya membuat kita bingung harus memulai memahaminya dari mana. Tidak perlu risau hal yang harus kita lakukan pertama sekali yaitu membuat lembar kerja baru pada flash dengan cara membuat Flash Dokumen.

Membuat Lembar Kerja Flash


Jika sudah siap maka langkah selanjutnya kita harus memahami terlebih dahulu isi setiap fungsi tool yang ada pada aplikasi flash tersebut. Sebenarnya untuk membuat media pembelajaran kita hanya perlu memahami apa itu layer, frame, simbol, dan Motion Tween.
  • Layer merupakan lembaran-lembaran yang digunakan untuk membuat animasi lebih dari satu, supaya tidak ada pengirisan antara satu objek dengan objek lainnya.
  • Frame merupakan bagian layer yang berguna untuk menempatkan gambar dan menentukan jeda dalam sebuah animasi yang kita buat. Frame diumpakan sebagai kumpulan gambar yang jika disatukan akan memberikan efek bergerak.
  • Simbol merupakan objek gambar yang terbagi menjadi 3 buah jenis yaitu movie clip yang berguna untuk objek animasi, button yang berguna untuk membuat tombol yang jika diklik maka akan menuju ke frame yang diinginkan, dan graphic yang beruna untuk objek yang tidak beranimasi seperti contohnya background.
  • Motion Tween adalah fasilitas yang diberikan oleh flash yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam membuat efek bergerak suatu objek dari posisi awal hingga posisi akhir.

4. MULAI MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH

Setelah kita memahami dari ke-4 tool yang difasilitasi oleh flash tersebut, maka langkah selanjutnya yang dapat kita lakukan membuat media pembelajaran berbasis flash. Tuangkan semua ide yang telah dipikirkan sebelumnya ke dalam aplikasi flash sehingga menghasilkan sebuah produk yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan mudah. 



Kunci utama yang diperlukan untuk dapat menguasai aplikasi tersebut ialah harus giat dalam belajar, latih terus kemampuan dalam mengolah aplikasi flash agar dapat menghasilkan produk yang luar biasa, karena tidak ada ilmu yang dapat kita raih dengan mudah oleh karena itu kita harus giat dalam belajar.

No comments:

Post a Comment